Aplikasi Terjemahan Kitab Yang Saya Rekomendasikan



oleh Abdul Wahhab Ahmad 

Banyak aplikasi terjemahan kitab yang ada di play store, tapi biasanya kurang bagus terjemahannya atau kurang bagus aplikasinya. Tapi saya baru menemukan aplikasi terjemahan kitab-kitab matan yang menurut saya bagus dan akan sangat berguna bari kawan-kawan yang masih kesulitan membaca kitab aslinya yang berbahasa Arab. Bisa juga membantu kawan-kawan guru madrasah yang barangkali masih mengajar dengan didampingi kamus untuk memahami kata-kata yang sulit. 

Aplikasinya bernama "Terjemah Mobile Santri PRO" seperti yang terlihat di SS. Silakan download aplikasi tersebut dan beli saja sebab harganya hanya 25 ribu saja sudah mendapat terjemahan bagus dari banyak kitab matan yang biasa dipakai di pesantren, misalnya: 

- Fathul Mu'in
- Fathul Qarib 
- Sullam Taufiq 
- Tijan Durari
- Syarah Hikam 
- Syarah Jurumiyah
- Alfiyah Ibnu Malik 
- Luma' 
- Syarah Imrithi
- Baiquni
- Ta'lim al-Muta'allim 
- dll

Semua itu kalau dibeli buku terjemahannya secara terpisah di toko buku akan lumayan harganya, tetapi di aplikasi ini dapat didapatkan hanya dengan harga 25K saja. Luar biasa murah hati tim Mobile Santri yang menggarapnya. Semoga pahalanya banyak. 

Tapi kalau anda mau versi gratisan, ada beberapa terjemahan kitab mereka yang dapat diinstall secara gratis, caranya tinggal klik saja nama penerbitnya, yaitu: Mobile Santri (saya beri tanda panah) maka akan keluar beberapa koleksi mereka yang dapat dinikmati secara gratis semisal Fathul Qarib, Fathul Mu'in dan lain-lain. Hanya saja saya sangat mendorong anda untuk membeli versi PRO sebagai dukungan bagi pengembangnya. 

Semoga karya-karya semacam ini lebih banyak sehingga khazanah ilmu pesantren, setidaknya yang dasar, dapat dibaca juga oleh yang tidak pernah nyantri. Hal semacam ini sangat bermafaat. 

Buruan didownload.

Komentari

أحدث أقدم