Takhrij Hadis Antara Teori Dan Praktik dari Pesantren PKH


Buku Takhrij Hadis antara Teori dan Praktik yang disusun oleh Hj. Umayah, M.Ag. ini merupakan salah satu buku pengantar Takhrij Hadis yang perlu dibaca, terutama oleh para mahasiswa S1 dilingkungan perguruan tinggi agama Islam, dan dapat dijadikan salah satu sumber bacaan oleh siapa saja yang berminat untuk mempelajari dan melakukan penelitian hadis.

Dalam meneliti sebuah hadis sebagaimana struktur yang terdapat dalam hadis yaitu terdiri dari sanad, matan dan mukharrij/mudawwin, tidak bisa hanya menyoroti salah satu dari ketiganya tetapi semuanya harus ditelusuri, tentunya sesuai dengan metode takhrij hadis dan teori yang akan dikembangkan dan dijadikan sebagai alat analisa hasil penelitian hadis.

Melakukan penelitian hadis memerlukan sikap sabar dan telaten dikarenakan harus bersentuhan dengan kitab-kitab turats yang berbahasa Arab dan juga bisa dibantu dengan teknologi informasi (komputer) sebagai alat bantu untuk mempercepat penggalian data. Semakin sering seseorang meneliti hadis maka semakin banyak pengetahuan yang didapat oleh peneliti tersebut baik pengetahuan dari sisi sanad maupun dari sisi matan.


Untuk melihat kuantitas dan kualitas sanad dan matan hadis diperlukan data-data yang banyak, dalam ilmu hadis disebut i’tibar atau trianggulasi data (dalam istilah penelitian sosial), karena dalam menganalisa ke-sahih-an sebuah hadis tidak cukup hanya satu jalur saja yang diteliti tetapi harus dari berbagai jalur periwayatan misalnya untuk melihat terdapat dalam kitab mana saja hadis yg akan diteliti tersebut, maka peneliti hadis bisa menggunakan kitab bantu yaitu kamus hadis (al-mu’jam al-mufahras li alfadz al-hadis al-nabawy), dari situ muncul simbol-simbol yang bisa dibuktikan melalui kitab-kitab yang dirujuk sesuai rumus yang muncul dari kamus hadis tersebut.

Penelitian selanjutnya bisa menggunakan kitab-kitab mashadir al-ashliyah yang dirujuk oleh rumus-rumus tersebut, dan seterusnya. Oleh karena itu perhatian terhadap detail penelitian hadis dan alat-alat bantu yang digunakan perlu dimiliki oleh seorang peneliti hadis. Dan buku ini merupakan dasar untuk memahami penelitian hadis baik dari segi teoritis maupun aplikatif (sampel penelitian) yang bisa dijadikan landasan dalam melakukan penelitian hadis.

Cirebon, 10 Juni 2011

H. Adib, M.Ag.
Dosen Tafsir Hadis pada Fakultas Adab Dakwah Ushuluddin
IAIN Syekh Nurjati Cirebon




Komentari

Lebih baru Lebih lama